1. Membuat
Dokumen Baru
Jika
Microsoft Word diaktifkan maka secara default akan menampilkan sebuah dokumen
kosong yang siap untuk digunakan dan tinggal mengetik saja. Berikut cara untuk
membuat dokumen baru.
- Klik Office Button
- Klik New
- Pada kotak dialog New Document yang muncul, pilih Blank Document > Create
- New Document siap untuk digunakan
Kotak
Dialog New Document
|
2. Menentukan
Ukuran Kertas dan Mengatur Margin
Saat
pertama kali membuat dokumen, biasanya yang dilakukan pertama kali adalah
menentukan ukuran kertas serta menentukan batas pengetikan (margin).
Pengaturan ini dilakukan dengan menggunakan menu page layout. Ikuti
langkah-langkah untuk menentukan kertas dan mengatur margin berikut ini.
- Pada Ribbon Menu pilih Page Layout
- Pilih toolbars Size untuk menentukan ukuran kertas yang akan digunakan
|
kotak
tampilan untuk menentukan ukuran kertas
|
- Untuk mengatur margin, pilih toolbar Margins kemudian pilih tampilan margin yang diinginkan.
|
kotak
tampilan untuk mengatur margin
|
- Sedangkan untuk menentukan ukuran kertas dan mengatur margin secara manuap pada toolbar Margins klik Custom Margins.. kotak dialog Page Setup akan tampil.
- Pada kotak dialog yang akan muncul, tentukan batas margin, sesuai dengan dokumen yang akan dibuat serta klik Orientation untuk menentukan orientasi kertas dokumen tersebut akan ditampilkan berdiri (Portrait)(Landscape).atau tidur
|
kotak
tampilan untuk mengatur Margin dan Orientation
|
·
Pilih
Paper untuk menentukan ukuran kertas yang akan digunakan dengan mengklik
kotak Paper Size.
|
kotak
tampilan untuk mengatur ukuran kertas
|
3. Mengetik
Dokumen
Dokumen
baru telah ditentukan ukuran kertas serta marginnya. Sekarang kita dapat mulai
mengetik teks pada dokumen yang telah dibuat.
|
tampilan
hasil pengetikan
|
4. Menyimpan
Dokumen
Setelah
selesai mengetik sebuah dokumen, sebaiknya dokumen tersebut segera disimpan
sebagai sebuah file. Penyimpanan ini bertujuan agar sewaktu-waktu dokoumen akan
digunakan, dokumen dapat dibuka kembali tanpa harus mengulangi membuat dokumen
baru.
- Klik Office Button
- Pilih Save As kemudian klik Word Document.
|
kotak
tampilan untuk menyimpan dokumen
|
- Pada kotak dialog yang muncul, pilih
- folder tempat kita menyimpan file dokumen, kemudian ketikan nama file pada Name dan pilih Word Document pada Save as Type
- Klik tombol Save
|
kotak
tampilan untuk menyimpan dokumen
|
5. Menutup
Dokumen
Setelah
menyimpan dokumen dalam bentuk file maka kita dapat keluar dari Microsoft Word
2007 dan mengakhiri pekerjaan. Dengan cara :
- Klik office Button, lalu klik Close atau klik Exit Word
|
kotak
tampilan keluar dari Microsoft Word
|
b. Klik tombol close pada Sizing button di sisi kanan atas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar