Sabtu, 01 Desember 2012

Membuat document dengan Ms.Word


                                        Bottom of Form
1.    Membuat Dokumen Baru

Jika Microsoft Word diaktifkan maka secara default akan menampilkan sebuah dokumen kosong yang siap untuk digunakan dan tinggal mengetik saja. Berikut cara untuk membuat dokumen baru.
  1. Klik Office Button
  2. Klik New
  3. Pada kotak dialog New Document yang muncul, pilih Blank Document > Create
  4. New Document siap untuk digunakan


Kotak Dialog New Document

2.    Menentukan Ukuran Kertas dan Mengatur Margin

Saat pertama kali membuat dokumen, biasanya yang dilakukan pertama kali adalah menentukan ukuran kertas serta menentukan batas pengetikan (margin). Pengaturan ini dilakukan dengan menggunakan menu page layout. Ikuti langkah-langkah untuk menentukan kertas dan mengatur margin berikut ini.
  • Pada Ribbon Menu pilih Page Layout
  • Pilih toolbars Size untuk menentukan ukuran kertas yang akan digunakan   
 

kotak tampilan untuk menentukan ukuran kertas
  • Untuk mengatur margin, pilih toolbar Margins kemudian pilih tampilan margin yang diinginkan.


kotak tampilan untuk mengatur margin
  • Sedangkan untuk menentukan ukuran kertas dan mengatur margin secara manuap pada toolbar Margins klik Custom Margins.. kotak dialog Page Setup akan tampil.
  • Pada kotak dialog yang akan muncul, tentukan batas margin, sesuai dengan dokumen yang akan dibuat serta klik Orientation untuk menentukan orientasi kertas dokumen tersebut akan ditampilkan berdiri (Portrait)(Landscape).atau tidur


kotak tampilan untuk mengatur Margin dan Orientation
·       Pilih Paper untuk menentukan ukuran kertas yang akan digunakan dengan mengklik kotak Paper Size.

kotak tampilan untuk mengatur ukuran kertas

3.    Mengetik Dokumen

Dokumen baru telah ditentukan ukuran kertas serta marginnya. Sekarang kita dapat mulai mengetik teks pada dokumen yang telah dibuat.


tampilan hasil pengetikan
 
4.    Menyimpan Dokumen
Setelah selesai mengetik sebuah dokumen, sebaiknya dokumen tersebut segera disimpan sebagai sebuah file. Penyimpanan ini bertujuan agar sewaktu-waktu dokoumen akan digunakan, dokumen dapat dibuka kembali tanpa harus mengulangi membuat dokumen baru.
  • Klik Office Button
  • Pilih Save As kemudian klik Word Document.


kotak tampilan untuk menyimpan dokumen


  • Pada kotak dialog yang muncul, pilih
  •  folder tempat kita menyimpan file dokumen, kemudian ketikan nama file pada Name dan pilih Word Document pada Save as Type
  • Klik tombol Save


kotak tampilan untuk menyimpan dokumen
5.    Menutup Dokumen

Setelah menyimpan dokumen dalam bentuk file maka kita dapat keluar dari Microsoft Word 2007 dan mengakhiri pekerjaan. Dengan cara :
  1. Klik office Button, lalu klik Close atau klik Exit Word

kotak tampilan keluar dari Microsoft Word

   b.  Klik tombol close pada Sizing button di sisi kanan atas.
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar